Welcome to your coffin!

WELCOME TO YOUR COFFIN, DEAD STRINGS! PLEASE LIE DOWN!

Sabtu, 24 Desember 2011

Guitar Effects


Hello dead strings!
Mulai hari ini, “saya” ga akan nulis blog ini lagi, dan akan digantikan oleh “gue”
Ngerti kan? (ngerti sih plis, ribet kalo gue kudu njelasin sudut pandang pertama orang pertama tunggal T__T)
Pokoknya gue anggep aja kalian ngerti (y)

Nah, kali ini, gue punya inpo dari salah seorang member grup yang sering gue tongkrongin di Facebook.
Nama grupnya GUITAR SHARE, nama member yang gue bilang itu, kang Fariz Dimarzio
Gue ngeliat ada banyak inpo tentang gitar di grup itu, jadi gw ambil dikit biar bisa bagi-bagi ilmu ke blogger laen atau yang baca postingan ini

Mungkin dead strings yang baca postingan ini ada yang suka maen gitar, atau suka denger musik tertentu.
Denger suara gitar sewaktu solo gitarnya, tapi gatau nama efeknya apa, pengen maenin tapi gatau nama efeknya apa (masih ada tah gitaris yang gatau nama efek? *plaaak!)

Oke, ini beberapa penjelasan yang gue dapet dari grup yang tadi gue bilang (dengan sedikit modifikasi bahasa & penjelasan tambahan supaya makin jelas)


1. Overdrive/Distortion, yang ini fungsinya 'merusak' sinyal asli dari gitar sehingga terdengar kasar, jaman dulu overdrive/distortion ini tidak diharapkan, tapi jaman sekarang justru makin banyak pengguna OD/dist ini

2. Compressor : fungsinya untuk menstabilkan atau 'meratakan' sinyal gitar sesuai dengan batas yang dikehendaki, jadi nantinya suara akan jadi flat alias gak ada yang terlalu keras atau terlalu pelan

3. Chorus/Flanger : fungsinya untuk menghasilkan sound yang 'spacey' (duh istilah bahasa indonesianya apa yah) dengan cara melakukan penyimpangan pada sinyal asli gitar sebesar beberapa milicent, Chorus dan Flanger basicnya sama, cuman beda di delay timenya

4. Phaser : fungsinya untuk menghasilkan sound menjadi bergelombang naik turun

5. Tremolo : fungsinya untuk menghasilkan sound yang 'bergetar' (bukan 'bergoyang' ya, lu kate nonton konser dangdut? -,-)

6. Delay : fungsinya buat menghasilkan pengulangan dari sound asli gitar

7. Reverb : fungsinya untuk mensimulasikan gaung yang muncul kalo kita main gitar di ruangan tertentu

8. Harmonizer : buat maen harmoni

9. Wah : menghasilkan suara seperti orang ngomong 'wah-wah' dengan cara melakukan manipulasi pada frekuensi tertentu. Ada juga yang dimaenin pake pedal di efek multi

10. Equalizer : ya buat meng-EQ lah (ngatur setting suara supaya suara yang dihasilkan sesuai selera masing-masing)

11. Noise gate, Noise supressor, dll : fungsinya buat ngilangin noise yang dihasilkan rangkaian efek

12. Tuner : fungsinya buat tuning, biar kaga fals bunyi gitarnya

13. Looper : ga tau fungsi benernya, tapi yang gue tau fungsinya buat record & play

14. Pitch shifter : fungsinya buat turun/naikin tuning/setelan




















Kiri-kanan : Flanger, Delay, Distortion
Nah, sekian postingan kali ini
Gue ga berharap ini bakal bermanpaat, gue nulis juga supaya blog gue gak kopong XD
Wekekekeke!

1 komentar:

  1. Not all guitars are the same. Each one can have a different sound and feel, and can be used to play various styles of music. It is not unusual for a guitar player to purchase a second guitar, a third one, and even more.

    BalasHapus

Give me some curses (read: words) about this!