Welcome to your coffin!

WELCOME TO YOUR COFFIN, DEAD STRINGS! PLEASE LIE DOWN!

Rabu, 17 Juli 2013

Avenged Sevenfold : HAIL TO THE KING!



Yo dead strings, setelah beberapa saat lalu gue membahas tentang lagu Carry On dari Avenged Sevenfold, kali ini gue bakal ngebahas lagu terbaru mereka yang merupakan hits dari album mereka yang bakal dirilis Agustus nanti.

Agak ribet juga untuk nganalisa lagu ini karena gue lebih milih nyari videonya ketimbang download lagu mereka. Jadi kualitas sound yang gue dapet agak kurang mantep dibandingkan versi iTunes nya. Tapi gue tetep menilai musikalitas mereka dengan obyektif kok (semoga).

Oke, kita mulai dari kualitas vocal dulu ya.
Di lagu baru ini, Matt Shadows (vocals) lebih banyak menggunakan clean vocalnya yang biasa. Dan gayanya mulai kedengeran lebih ke beberapa vocalist band Metal. Ga ada scream lagi di lagu ini, total sama sekali ga ada scream.
Mungkin ini mengecewakan buat para fans A7X yang sebelumnya gue perhatikan mereka mengharapkan lagu kayak di album yang udah-udah macem Second Heartbeat dsb.
Sayangnya Matt bener-bener ga screaming di lagu ini. Entah mungkin karena konsep album mereka yang mengacu kepada Rock & Metal di tahun 80-90an yang mana lumayan jarang pake scream vocals waktu itu, atau mungkin karena kesehatan fisik Matt, terutama di bagian tenggorokan yang “katanya” sempet terganggu karena screamnya. Tapi menurut gue, Matt lebih baik tetap pake clean vocals kayak di lagu ini supaya bisa menampilkan sisi melodius suaranya.

Lanjut ke gitar.
Gue gatau nih apa peran Zacky di sini, saking sedikitnya (cuma maen lead di bagian reff). Syn bener-bener maen “Solo Guitar” di lagu ini. Gue lumayan kaget karena ternyata yang dimaksud mereka (A7X) album ini bakal beneran beda ternyata bener-bener beda jauh sama album-album sebelumnya (mungkin untuk sementara ini begitu, karena gue juga belom denger lagu yang lainnya di album ini).
Peran Zacky yang banyak berkurang dan lebih ke Rhythm Guitars + berkurangnya teknik arpeggio yang biasa dipake Syn memang menunjukkan kalo mereka mau nampilin sesuatu yang beda. Ya walaupun pola harmonisasi yang dipake Syn masih khas banget (mirip kayak di lagu Girl I Know). Dan masih ada dive bomb di akhir solo guitar.

Masuk ke analisis gue tentang bass.
Sound bass Johnny Christ di lagu ini kayaknya kerasa lebih berat dibandingin yang biasanya. Line bass nya sih masih statis kayak di lagu-lagu sebelumnya. Kalopun ada variasi di bass line nya lebih banyak ngikut ke irama vocal Matt (check bagian reff).

Drummer Arin Ilejay, banyak diprotes?
Greget banget mau bahas masalah drum ini. Banyak penggemar lagu dengan beat cepat yang menyayangkan suara drum di lagu ini. Dan banyak menuai protes & ada pula yang mengklaim kalo Arin ga punya skill.
Wait a minute! Arin punya skill kok, memangnya siapa yang maen drum di lagu Carry On kalo bukan dia?
Banyak informasi yang menyatakan bahwa gaya bermain Arin yang jadi lebih simple itu atas permintaan Avenged Sevenfold sendiri karena mau menyesuaikan dengan kebutuhan sound & komposisi untuk lagu ini.
Yah, jadi lebih slow bukan berarti jadi lebih jelek. Lagian sound drum Arin lebih berat & ngisi banget.
Dan menurut gue, sound drum kayak gitu cakep pake banget. Feel & fill in drumnya juga lebih dewasa, masuk fill in seperlunya.

Gue yakin kalo alm. The Rev masih jadi drummer di lagu inipun ga aka nada banyak perbedaan di beat yang dipake untuk lagu ini (inget, ini kebutuhan album & gaya bermusik di lagu ini, bukan masalah level skill).
Di beberapa media massa juga dikatakan kalo Arin berusaha maksimal untuk lagu ini, dan hasilnya memang Arin bisa meminimalisir kesalahan di drum.  Dan sisi positifnya, nge-drum simple begitu juga gue bisa kok.
Artinya, Arin juga ga akan kesusahan untuk bawain lagu ini di panggung live. Mungkin Matt dkk juga mau Arin jadi sorotan fans A7X dan mau tau gimana reaksi fans mereka dengan perbedaan ini.


Sound system & masalah teknis nih mari dibahas.
Cakep sih, suara sound distorsi Syn &ZV ga terlalu “Metalzone” ya walaupun masih kedengeran kayak gitu sedikit banyaknya.
Untuk masalah lainnya kayak mixing sih udah bagus (namanya juga label mantep, ya wajar sound engineernya ber-skill).
Untuk tema lagu & komposisi lagu juga bagus. Walaupun secara keseluruhan jadi kedengeran kayak Avenged Sevenfold mengcover gaya Metallica, Led Zeppelin, & Deep Purple untuk bermusik.


Well, okay dead strings,  gue rasa untuk kali ini cukup sekian dulu.
Semoga bermanfaat buat kalian ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Give me some curses (read: words) about this!